Langsung ke konten utama

5 Karakteristik Rumah Jogja yang Paling Diminati Kaum Urban


Jogja identik dengan masyarakatnya yang ramah dan selau mengusung tradisi dan budaya yang masih kental hingga mendarah daging. Salah satu ciri contohnya adalah rumah Jogja yang eksteriornya tidak kalah unik dari rumah adat Minangkabau. Menyoal rumah di Jogja, khusus yang khasnya, yaitu Bangsal Kencono, maka bisa disebut Joglo versi besar dan luas.

Bahkan, rumah yang lebih modern-nya pun ada ciri khasnya yang dapat dilihat dari ukiran pada bagian atap, dinding, dan tiang bangunannya. Kaum urban atau pendatang biasanya memilih untuk menyewa dan pilihannya jatuh pada rumah ini. Lantas, sebenarnya seperti apa rumah yang diminati banyak orang ini? Langsung saja simak 5 karakteristiknya berikut ini.

1. Berukuran Luas
Karakteristik pertama yang menjadi ciri khas rumah di Jogja adalah ukurannya yang luas karena terinspirasi oleh Bangsal Kencono. Ya, rumah khas Jogja ini memang sengaja dibangun hingga menyerupai sebuah padepokan yang bisa ditempati oleh seluruh anggota keluarga kerajaan pada zaman dulu.

Jadi, bukan hanya keluarga ini, tapi juga keluarga besar kerajaan bisa menempati padepokan ini. Bisa Anda bayangkan bukan seberapa besar luasnya? Oleh karena luasnya inilah Anda perlu menyiapkan bujet lebih dari rumah pada umumnya untuk bisa membeli rumah ini.  Tapi jangan khawatir, harganya tidak lebih mahal dari rumah mewah dan elit di ibukota.

Dilihat dari karakteristik pertama ini pula, rumah model ini tentu cocok sekali untuk sebuah keluarga besar yang punya tradisi atau kebiasaan untuk tinggal bersama di 1 atap kendati beberapa di antaranya sudah menikah.

2. Desainnya Unik dan Penuh Ukiran
Karakteristik kedua yang bisa Anda dapati di rumah Jogja dan menjadi daya tarik kaum urban adalah desainnya yang unik dan lain daripada yang lain. Anda mungkin sudah tidak asing dengan berbagai macam desain rumah modern seperti klasik, Bohemia, Skandinavia, dan lainnya yang memang menyuguhkan sesuatu yang baru bagi masyarakat Indonesia.

Nah, untuk rumah di Jogja ini, tidak hanya ‘baru’ dan beda dari rumah yang dimiliki oleh generasi X atau ayah ibu dan nenek kakek. Rumah ini mengombinasikan desain kejawen yang berfilosofi tentang cinta pada alam dengan kebudayaan luar seperti arsitektur Eropa.

Khususnya negara yang pernah menjajah Indonesia, yaitu Belanda dan Portugis serta Cina. Ciri khasnya adalah lingkungan sekitar rumah yang asri karena penuh dengan berbagai jenis tanaman serta ukiran di sebagian besar dindingnya. Ukiran ini terlihat seperti relief yang ada di dinding bangunan yang sempat menjadi salah satu 7 Keajaiban Dunia, yaitu Borobudur.

3. Ruangan yang Multifungsi
Rumah di Jogja, khususnya ruang keluarga atau ruang lainnya yang lebih luas biasanya dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga besar. Bahkan, tradisi ini masih dipegang dan ditaati oleh sebagian besar masyarakat Jogja meski beberapa di antaranya sudah tinggal berjauhan di kota-kota berbeda.

Jadi, mereka biasa mengadakan pertemuan keluarga rutin yang bisa diadakan sekali dalam 1-3 bulannya dan menggunakan ruangan ini untuk ber-silaturrahim. Nah, saat tidak ada pertemuan, ruangan ini bisa digunakan untuk banyak hal oleh pemiliknya, baik untuk istirahat maupun berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga inti yang menetap di sini.

4. Ada Mushola
Karakteristik berikutnya yang disukai pendatang atau kaum urban dari rumah Jogja adalah adanya mushola. Seperti Bangsal Kencono asli yang dilengkapi dengan Masjid Gedhe, rumah di Jogja juga sudah mulai menirunya meski dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu dalam bentuk mushola sebagai tempat ibadah bersama keluarga dan tetangga (berjama’ah).

Tidak jarang beberapa pemilik rumah di Jogja yang ingin menghidupkan mushola di rumahnya sengaja mengadakan kajian Islam rutin, baik khusus untuk perempuan, laki-laki, campuran, atau mengkaji al-Qur’an untuk anak-anak. Ketersediaan mushola ini tentu akan sangat bermanfaat pula untuk masalah kebatinan dan agama.

5. Dominansi Material Kayu
Sesuai dengan ciri khasnya yang terletak pada desain dan ukirannnya, maka rumah di Jogja cenderung menggunakan bahan kayu untuk sebagain besar penyusunnya. Bukan hanya rumah di Jogja, bahkan rumah-rumah modern yang kini bermunculan pun tidak segan untuk menggunakan kayu sebagai bahan utama dalam pembangunannya.

Selain mampu menciptakan suasana sejuk, kesan eksotik juga mampu ditunjukkann oleh hunian yang satu ini. Tidak sedikit hunian modern sampai hotel di pegunungan dan pantai yang mengusung konsep bak to nature dengan pemilihan kayu atau bambu sebagai bahan bangunannya. Apalagi desainnya yang memang bisa dibongkar pasang (knok down).

Sangat menarik bukan, karakteristik yang dimiliki rumah Jogja ini? Tidak heran jika kaun urban bisa langsung jatuh htai pada hunian tradisional yang satu ini. Jika Anda ingin merenovasi rumah, tidak ada salahnya mencoba suasana baru dengan mengaplikasikan desain unik dan khas dari rumah yang ada di Jogja ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Seputar Kelemahan dan Kelebihan Laptop Acer

Untuk merek laptop Acer yang satu ini tentu tidak akan asing lagi bagi para masyarakat sekitar yang memang mengandalkan pada kecanggihan teknologi yang ada pada saat ini, terlebih lagi sekarang ini peran laptop sangatlah penting bagi para masyarakat setempat yang menginginkan segala hal nya dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis, termasuk dalam hal menyelesaikan pekerjaan kantor, membantu pekerjaan kuliah atau hanya sekedar bermain game untuk menghibur diri.
Merek Acer memang dari sejak dulu hingga sekarang masih menjadi primadona yang sangat populer di negara Indonesia terlebih lagi untuk kalangan para mahasiswa. Jika dibandingkan dengan merk yang lainnya, maka Acer yang selalu menduduki tingkat tertinggi. Hal tersebut karena Acer memiliki banyak kelebihan serta fungsi yang sangat berbeda dari yang lainnya, sehingga wajar saja bila Acer selalu menjadi pilihan untuk berbagai kalangan, karena saat ini peran laptop tidak hanya untuk mahasiswa saja, akan tetapi sekarang ini se…

Rumah Dijual Murah Melalui Situs Urbanindo

Membeli rumah saat ini gampang-gampang susah. Selain karena semakin menyempitnya lahan, harga rumah yang melangit membuat orang berfikir ulang untuk membeli rumah karena minimnya biaya. Belum lagi terkadang lokasi dan bentuk rumah yang tidak cocok menurut calon pembeli. Nah, dengan alasan di atas Anda tentu membutuhkan solusi supaya rumah yang akan Anda beli dari sisi model dan lokasi cocok bagi Anda dan dari sisi harga juga pas di kantong bukan? Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah ada situs urbanindo yang siap melayani kebutuhan rumah Anda. berikut ulasan selengkapnya.
Urbanindo, Cara Mudah Menemukan Rumah Murah
Sebagian dari Anda mungkin cukup asing dengan nama Urbanindo. situs ini adalah situs yang bergerak di bidang property. Situs ini fokus di bidang promosi dan pemasaran rumah yang dijual. Biasanya, di situs ini, lokasi, model atau gambar rumah serta harganya sudah tertera di situsnya. Di dalam situs ini, tersedia banyak model dan jenis serta harga rumah yang bis…

Pertimbangkanlah Hal Ini, Sebelum Memutuskan Membeli Rumah Dijual Banten

Memiliki tempat tinggal atau rumah sendiri merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Bahkan, jika anda telah berkeluarga memiliki runah urgensinya bisa berlipat ganda. Agar Anda tidak bingung lagi, salah langkah, atau tahu apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan, kami berikan beberapa langkah yang bisa anda cermati sebelum membeli unit rumah. Langkah pertama, tentukanlah lokasirumah dijualBanten yang tepat.
Membeli sebuah rumah, wajib memperhatikan masalah lokasi. Lokasi bisa menjadi faktor vital tentang rumah yang ingin Anda beli. Rumah memang kebutuhan. Namun jangan sampai tempat tinggal yang Anda beli tidak mendukung anda secara finansial pula.Karena lokasi bisa sangat berpengaruh. Jadi punya rumah dengan lokasi prima bisa memberikan nilai yang sangat banyak.
Anda mungkin menyasar rumah yang berharga murah, karena biasanya lokasi rumah yang murah memang berada di pinggiran kota. Banyak rumah dijual Banten yang harganya murah. Jadi pertimbangkan baik baik. Bagaimanapun tujuan And…