Langsung ke konten utama

Diabetes Menggangu Tidur Anda ? Ini Cara Mengatasinya


DIABETES merupakan suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau insulin tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan kelebihan kadar glukosa dalam darah. Gejala yang dialami penderita diabetes dapat bervariasi, tergantung dari seberapa terkontrolnya gula darah Anda. Namun, tidak jarang penderita diabetes juga mengalami gangguan tidur. 

Mengapa diabetes bisa memengaruhi pola tidur?
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2012, para ilmuwan meneliti hubungan antara gangguan tidur dan diabetes. Gangguan tidur yang dimaksud meliputi kesulitan untuk tidur, kesulitan untuk tetap terlelap, dan bahkan durasi tidur yang berlebihan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa terdapat hubungan yang jelas antara gangguan tidur dengan diabetes. Para peneliti menyatakan bahwa kurang tidur meningkatkan risiko diabetes secara signifikan.

Menderita diabetes bukan berarti membuat pola tidur Anda akan terganggu. Terganggu atau tidaknya pola tidur Anda dipengaruhi oleh gejala diabetes yang Anda alami dan bagaimana cara Anda mengatasinya. Beberapa gejala akan lebih terasa saat Anda sedang tidak beraktivitas:

- Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan Anda sering berkemih. Jika gula darah Anda tinggi pada malam hari, maka Anda akan sering terbangun untuk buang air kecil.
- Jika tubuh Anda kelebihan gula, maka gula akan menarik air dari jaringan tubuh Anda. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa haus, dan membuat Anda ingin minum terus menerus.
- Gejala gula darah yang rendah seperti gemetar, pusing, atau berkeringat juga dapat memengaruhi tidur Anda.

Apa saja gangguan tidur yang berhubungan dengan diabetes?

1. Sleep apnea
Kondisi ini merupakan kelainan tidur yang paling sering dijumpai pada penderita diabetes. Sleep apnea merupakan kondisi di mana napas Anda berhenti secara berulang saat tidur dan dapat secara otomatis kembali lagi. Sleep apnea lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2, hal ini disebabkan karena biasanya para penderita diabetes tipe ini cenderung memiliki berat badan yang berlebih.

Gejala yang sering dijumpai adalah rasa lelah pada siang hari dan mengorok saat tidur. Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu cara untuk meringankan gejala. 

2. Restless Leg Syndrome
Kondisi ini ditandai dengan keinginan yang konstan untuk menggerakan kaki. Restless Legs Syndrome (RLS) atau gangguan kaki gelisah lebih sering terasa pada sore atau malam hari, sehingga mengakibatkan seseorang tidak dapat tidur. Kondisi ini mungkin disebabkan karena kurang zat besi pada tubuh. Faktor risiko seseorang mengalami RLS adalah tingginya kadar gula darah, masalah ginjal, dan kelainan tiroid. 

3. Insomnia
Insomnia ditandai dengan adanya gangguan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Anda lebih berisiko mengalami insomnia jika memiliki tingkat stress yang tinggi disertai dengan kadar gula darah yang tinggi. 

Bagaimana cara mengatasi gangguan tidur akibat diabetes?
Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk mendapat istirahat yang lebih berkualitas di malam hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Seputar Kelemahan dan Kelebihan Laptop Acer

Untuk merek laptop Acer yang satu ini tentu tidak akan asing lagi bagi para masyarakat sekitar yang memang mengandalkan pada kecanggihan teknologi yang ada pada saat ini, terlebih lagi sekarang ini peran laptop sangatlah penting bagi para masyarakat setempat yang menginginkan segala hal nya dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis, termasuk dalam hal menyelesaikan pekerjaan kantor, membantu pekerjaan kuliah atau hanya sekedar bermain game untuk menghibur diri.
Merek Acer memang dari sejak dulu hingga sekarang masih menjadi primadona yang sangat populer di negara Indonesia terlebih lagi untuk kalangan para mahasiswa. Jika dibandingkan dengan merk yang lainnya, maka Acer yang selalu menduduki tingkat tertinggi. Hal tersebut karena Acer memiliki banyak kelebihan serta fungsi yang sangat berbeda dari yang lainnya, sehingga wajar saja bila Acer selalu menjadi pilihan untuk berbagai kalangan, karena saat ini peran laptop tidak hanya untuk mahasiswa saja, akan tetapi sekarang ini se…

Rumah Dijual Murah Melalui Situs Urbanindo

Membeli rumah saat ini gampang-gampang susah. Selain karena semakin menyempitnya lahan, harga rumah yang melangit membuat orang berfikir ulang untuk membeli rumah karena minimnya biaya. Belum lagi terkadang lokasi dan bentuk rumah yang tidak cocok menurut calon pembeli. Nah, dengan alasan di atas Anda tentu membutuhkan solusi supaya rumah yang akan Anda beli dari sisi model dan lokasi cocok bagi Anda dan dari sisi harga juga pas di kantong bukan? Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah ada situs urbanindo yang siap melayani kebutuhan rumah Anda. berikut ulasan selengkapnya.
Urbanindo, Cara Mudah Menemukan Rumah Murah
Sebagian dari Anda mungkin cukup asing dengan nama Urbanindo. situs ini adalah situs yang bergerak di bidang property. Situs ini fokus di bidang promosi dan pemasaran rumah yang dijual. Biasanya, di situs ini, lokasi, model atau gambar rumah serta harganya sudah tertera di situsnya. Di dalam situs ini, tersedia banyak model dan jenis serta harga rumah yang bis…

Tips Jitu Bisnis Agar Sukses

Ketika menjadi pengusaha sejati harusnya tidak takut pada kritikan, tantangan dan tentunya evaluasi. Dengan evaluasi Anda bisa jelas menerima apa saja kelemahan dan kelebihan dari usaha bisnis tersebut. Selain itu dengan adanya kelemahan dan kekurangan tersebut Anda bisa memperbaiki usaha menjadi lebih baik.
Untuk itu ada 4 tips untuk mengevaluasi usaha atau ide bisnis. Apa saja? Berikut aftarnya :
1. Untuk Jangka Panjang
Apakah usaha yang dimiliki merupakan ide atau usaha dalam jangka panjang? Hal seperti ini haruslah ditanyakan pada bisnis dan juga rencana usaha anda. Apakah itu bergantung pada sumber daya yang sangat spesifik yang mungkin tidak tersedia dalam waktu dekat? 
Namun jika ide atau usaha Anda memiliki peluang atau kemungkinan usaha yang panjang maka Anda bisa menggunakan bisnis tersebut. Mungkin Anda hanya tinggal mengatasi hal kecilnya saja seperti layaknya masalah sumber daya manusia, fluktuasi harga atau pasar dan lainnya. Namun jika berpeluang kenapa tidak untuk mendirik…