Langsung ke konten utama

Manfaat Minum Air Putih



BERPUASA adalah momen detox tubuh yang cukup baik. Manfaat berpuasa sudah tidak bisa diragukan lagi. Mulai dari menurunkan berat badan sampai dengan mengembalikan fungsi organ tubuh menjadi baik kembali. 

Salah satu yang penting dalam berpuasa adalah asupan makanan dan minuman. Semua serba diatur secara baik. Tidak boleh mengonsumsi makanan yang tidak baik pun juga minumannya. Air putih sangat direkomendasikan bagi Anda yang berpuasa. 

Mengonsumsi air putih saat berpuasa, dilansir dari Track My Stack, memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut 6 manfaat dari air putih bagi tubuh yang sedang berpuasa. 

1. Mengganti Elektrolit 

Saat berpuasa, tubuh kehilangan elektrolit dan mineral - melalui keringat dan kotoran tubuh lainnya. Dengan mengkonsumsi air putih, Anda bisa membantu mengisi kembali air yang hilang dan menjaga keseimbangan elektrolit di tubuh. 

2. Menurunkan berat badan 

Karena air putih tidak mengandung kalori dan bebas lemak, Anda tidak perlu khawatir tentang bertambahnya berat badan. Tidak seperti minuman lain yang tersedia seperti soda, jus, dan banyak lainnya, air mineral tidak meningkatkan pertambahan berat badan. Saat berpuasa, air putih ini pun berfungsi baik untuk membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik. 

3. Kalsium untuk tulang-tulang 

Air putih mengandung kalsium dalam jumlah yang layak. Oleh karena itu, orang yang menderita intoleransi laktosa mungkin mendapat manfaat yang baik dari minum air putih karena kandungan kalsiumnya. Setelah menopause, wanita berisiko tinggi kehilangan tulang, yang dapat menyebabkan penyakit terkait tulang tertentu seperti osteoporosis. Padahal, minum air mineral secara teratur bisa membantu menjaga kepadatan tulang secara normal. 

4. Menurunkan Kolesterol Anda 

Mempertahankan kadar kolesterol normal di tubuh Anda mengarah pada fungsi kardiovaskular yang tepat, sehingga mencegah Anda mengembangkan berbagai jenis penyakit jantung. Saat mengkonsumsi air putih, Low Density Lipoprotein atau LDL, bisa dikurangi. LDL ini adalah kolesterol "jahat" dan merupakan salah satu faktor risiko terbesar untuk mengembangkan penyakit jantung. Apalagi kandungan potassium dan magnesium dalam air putih membantu fungsi jantung. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu minum air putih saat sahur maupun berbuka puasa. 

5. Menjaga Kinerja Otot 

Kandungan magnesium di air mineral memiliki peran penting dalam berfungsinya otot-otot Anda. Magnesium bekerja dengan memfasilitasi relaksasi dan kontraksi otot. Dengan meminum air putih secara benar, nyeri saat berpuasa pun sedikit teratasi. 

6. Hidrasi kulit 

Minum air putih secara teratur bisa membantu menghidrasi kulit Anda. Saat berpuasa, kulit biasanya menjadi lebih kering. Nah, minum air putih bisa jadi jawabannya. Sebab, air putih mengandung silika, yang mana itu bisa memperkuat sel spongy yang ditemukan antara serat elastin dan kolagen, dan juga memperlambat pembentukan keriput.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Ini Bantu Mencegah Kanker

Memiliki tubuh sehat dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat. Pola makan dan gaya hidup dapat menjadi salah satu faktor munculnya penyakit kanker. Untuk mengantisipasi secara dini, terdapat beberapa bahan makanan yang bisa membantu mencegah kanker.
Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut empat daftar bahan makanan yang bantu mencegah kanker.
1. Semanggi
Daun semanggi yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan khas Surabaya ini ternyata memiliki khasiat mencegah kanker. Terlebih semanggi merah mengandung senyawa ampuh yang dikenal sebagai formononetin yang telah ditemukan untuk membantu melawan kanker payudara. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal medis Hormone and Metabolic Research, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa yang ditemukan dalam semanggi merah mencegah penyebaran sel kanker serta invasi kanker ke sel sehat.
2. Pisang Raja
Pisang raja dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker manusia, menurut penelitian Journal of Ethnopharmacology.…

Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang

Kehilangan ponsel Android cukup bikin ketar-ketir penggunanya. Beruntung, jika pengguna masih ingat lokasi ponsel ditinggalkan, itu masih bisa terbantu. Namun, bagaimana bila pengguna benar-benar lupa total di mana ia terakhir kali meninggalkan ponselnya?
Sebetulnya, ada cara khusus untuk melacak kembali ponsel Android yang hilang. Cukup dengan menggunakan aplikasi Find My Device, pengguna bisa melacak jejak ponsel Android miliknya.
Nah, khusus kamu yang lupa di mana meletakkan ponsel Android, jangan khawatir. Akan menyuguhkan cara melacak ponsel Android yang hilang dengan Find My Device. Mengutip informasi yang dimuat berikut ini caranya.
Pertama-tama, kamu harus mengantisipasi jika perangkat Android kamu hilang, data yang tersimpan bisa terhapus secara otomatis. Caranya cukup mudah, untuk perangkat Android terbaru, beranjak ke Settings -> Google -> Security. Di bawah Android Device Manager, aktifkan fitur Remote Data Wipe dengan slide ke Allow Remote Lock and Erase.
Khusus untuk p…