Langsung ke konten utama

Diabetes Menggangu Tidur Anda ? Ini Cara Mengatasinya


DIABETES merupakan suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau insulin tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan kelebihan kadar glukosa dalam darah. Gejala yang dialami penderita diabetes dapat bervariasi, tergantung dari seberapa terkontrolnya gula darah Anda. Namun, tidak jarang penderita diabetes juga mengalami gangguan tidur. 

Mengapa diabetes bisa memengaruhi pola tidur?
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2012, para ilmuwan meneliti hubungan antara gangguan tidur dan diabetes. Gangguan tidur yang dimaksud meliputi kesulitan untuk tidur, kesulitan untuk tetap terlelap, dan bahkan durasi tidur yang berlebihan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa terdapat hubungan yang jelas antara gangguan tidur dengan diabetes. Para peneliti menyatakan bahwa kurang tidur meningkatkan risiko diabetes secara signifikan.

Menderita diabetes bukan berarti membuat pola tidur Anda akan terganggu. Terganggu atau tidaknya pola tidur Anda dipengaruhi oleh gejala diabetes yang Anda alami dan bagaimana cara Anda mengatasinya. Beberapa gejala akan lebih terasa saat Anda sedang tidak beraktivitas:

- Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan Anda sering berkemih. Jika gula darah Anda tinggi pada malam hari, maka Anda akan sering terbangun untuk buang air kecil.
- Jika tubuh Anda kelebihan gula, maka gula akan menarik air dari jaringan tubuh Anda. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa haus, dan membuat Anda ingin minum terus menerus.
- Gejala gula darah yang rendah seperti gemetar, pusing, atau berkeringat juga dapat memengaruhi tidur Anda.

Apa saja gangguan tidur yang berhubungan dengan diabetes?

1. Sleep apnea
Kondisi ini merupakan kelainan tidur yang paling sering dijumpai pada penderita diabetes. Sleep apnea merupakan kondisi di mana napas Anda berhenti secara berulang saat tidur dan dapat secara otomatis kembali lagi. Sleep apnea lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2, hal ini disebabkan karena biasanya para penderita diabetes tipe ini cenderung memiliki berat badan yang berlebih.

Gejala yang sering dijumpai adalah rasa lelah pada siang hari dan mengorok saat tidur. Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu cara untuk meringankan gejala. 

2. Restless Leg Syndrome
Kondisi ini ditandai dengan keinginan yang konstan untuk menggerakan kaki. Restless Legs Syndrome (RLS) atau gangguan kaki gelisah lebih sering terasa pada sore atau malam hari, sehingga mengakibatkan seseorang tidak dapat tidur. Kondisi ini mungkin disebabkan karena kurang zat besi pada tubuh. Faktor risiko seseorang mengalami RLS adalah tingginya kadar gula darah, masalah ginjal, dan kelainan tiroid. 

3. Insomnia
Insomnia ditandai dengan adanya gangguan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Anda lebih berisiko mengalami insomnia jika memiliki tingkat stress yang tinggi disertai dengan kadar gula darah yang tinggi. 

Bagaimana cara mengatasi gangguan tidur akibat diabetes?
Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk mendapat istirahat yang lebih berkualitas di malam hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertimbangkanlah Hal Ini, Sebelum Memutuskan Membeli Rumah Dijual Banten

Memiliki tempat tinggal atau rumah sendiri merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Bahkan, jika anda telah berkeluarga memiliki runah urgensinya bisa berlipat ganda. Agar Anda tidak bingung lagi, salah langkah, atau tahu apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan, kami berikan beberapa langkah yang bisa anda cermati sebelum membeli unit rumah. Langkah pertama, tentukanlah lokasirumah dijualBanten yang tepat.
Membeli sebuah rumah, wajib memperhatikan masalah lokasi. Lokasi bisa menjadi faktor vital tentang rumah yang ingin Anda beli. Rumah memang kebutuhan. Namun jangan sampai tempat tinggal yang Anda beli tidak mendukung anda secara finansial pula.Karena lokasi bisa sangat berpengaruh. Jadi punya rumah dengan lokasi prima bisa memberikan nilai yang sangat banyak.
Anda mungkin menyasar rumah yang berharga murah, karena biasanya lokasi rumah yang murah memang berada di pinggiran kota. Banyak rumah dijual Banten yang harganya murah. Jadi pertimbangkan baik baik. Bagaimanapun tujuan And…

Rumah Dijual Murah Melalui Situs Urbanindo

Membeli rumah saat ini gampang-gampang susah. Selain karena semakin menyempitnya lahan, harga rumah yang melangit membuat orang berfikir ulang untuk membeli rumah karena minimnya biaya. Belum lagi terkadang lokasi dan bentuk rumah yang tidak cocok menurut calon pembeli. Nah, dengan alasan di atas Anda tentu membutuhkan solusi supaya rumah yang akan Anda beli dari sisi model dan lokasi cocok bagi Anda dan dari sisi harga juga pas di kantong bukan? Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah ada situs urbanindo yang siap melayani kebutuhan rumah Anda. berikut ulasan selengkapnya.
Urbanindo, Cara Mudah Menemukan Rumah Murah
Sebagian dari Anda mungkin cukup asing dengan nama Urbanindo. situs ini adalah situs yang bergerak di bidang property. Situs ini fokus di bidang promosi dan pemasaran rumah yang dijual. Biasanya, di situs ini, lokasi, model atau gambar rumah serta harganya sudah tertera di situsnya. Di dalam situs ini, tersedia banyak model dan jenis serta harga rumah yang bis…

Makanan Ini Bantu Mencegah Kanker

Memiliki tubuh sehat dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat. Pola makan dan gaya hidup dapat menjadi salah satu faktor munculnya penyakit kanker. Untuk mengantisipasi secara dini, terdapat beberapa bahan makanan yang bisa membantu mencegah kanker.
Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut empat daftar bahan makanan yang bantu mencegah kanker.
1. Semanggi
Daun semanggi yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan khas Surabaya ini ternyata memiliki khasiat mencegah kanker. Terlebih semanggi merah mengandung senyawa ampuh yang dikenal sebagai formononetin yang telah ditemukan untuk membantu melawan kanker payudara. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal medis Hormone and Metabolic Research, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa yang ditemukan dalam semanggi merah mencegah penyebaran sel kanker serta invasi kanker ke sel sehat.
2. Pisang Raja
Pisang raja dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker manusia, menurut penelitian Journal of Ethnopharmacology.…